Breaking News

Pasangan Positif HIV, Apakah Saya Perlu Minum Obat PrEP Agar Tidak Tertular?


Ketika kita terinfeksi HIV, Anda bakal memilikinya seumur hidup. HIV pun tidak terdapat obat penyembuhnya. Hal berikut yang menciptakan HIV menjadi mimpi buruk yang menakutkan di tengah masyarakat. Apalagi andai mendengar pasangan positif HIV. kita mungkin pun khawatir bakal tertular HIV darinya. Pasalnya, virus HIV sangat gampang menular lewat hubungan seks.

Maka bilamana Anda bermukim serumah dengan seseorang yang positif HIV, kita perlu memahami cara-cara untuk mengayomi diri sendiri dari penularan HIV. Salah satu caranya ialah dengan minum obat PrEP.

Haruskah saya minum PrEP andai pasangan positif HIV?

Begitu dokter tahu bahwa pasangan kita positif HIV, ia seringkali akan menyerahkan resep obat PrEP untuk Anda. Obat PrEP (Pre-Exposure Prophylaxis) ialah obat penangkal penularan infeksi untuk orang-orang yang berisiko tinggi tertular HIV. Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, PrEP ialah kombinasi dua obat HIV yakni tenofovir dan emtricitabine yang dipasarkan dengan nama Truvada®.

Lantas, seberapa penting untuk Anda guna minum PrEP andai pasangan positif HIV? Jawabannya, mesti sebab sangat urgen dan paling perlu. Masih menurut keterangan dari CDC, PrEP ialah salah satu teknik yang efektif untuk menangkal HIV bila dipakai secara konsisten. Anda disarankan untuk minum obat ini satu kali sehari untuk menangkal penularan infeksi HIV dari pasangan yang positif HIV.

PrEP dapat melindungi kita secara maksimal dari HIV yang ditularkan melewati seks anal sesudah 7 hari pemakaian. Sementara itu, PrEP dapat mengayomi secara maksimal dari penularan HIV lewat seks vaginal dan pemakaian jarum suntik sesudah 20 hari dikonsumsi. Obat ini bisa ditolerir dengan baik oleh tubuh sampai lima tahun pemakaian.

Tetap mesti gunakan kondom saat bersangkutan seks, walau rutin minum PrEP

Meski begitu, PrEP tidak otomatis 100% menciptakan Anda terbebas dari HIV. Digunakan sendiri, kemanjurannya melulu sekitar 92 persen guna menurunkan risiko kita tertular HIV.

Untuk semakin menambah efektivitasnya demi menangkal HIV, tetap penting untuk Anda berdua untuk tidak jarang kali mempraktekkan seks aman dengan gunakan kondom. Rutin minum PrEP dan selalu memakai kondom saat bersangkutan seks dengan pasangan yang positif HIV dapat menjamin kita 100% terhindar dari risiko penularan HIV.

Di samping itu, pemakaian kondom pun dapat menyerahkan Anda perlindungan dari risiko penyakit menular seksual lainnya laksana kencing nanah (gonore) atau klamidia. Minum PrEP saja tidak akan mengayomi Anda dari risiko penyakit kelamin.

Penting pun menjalani tes HIV dan penyakit kelamin secara teratur bersama-sama.

Apa lagi yang butuh saya ketahui mengenai PrEP?

PrEP tergolong obat yang minim risiko efek samping sampai-sampai aman guna dikonsumsi jangka panjang. Efek samping PrEP yang sangat umum ialah mual, namun tidak parah hingga mengganggu kegiatan sehari-hari.

Anda juga dapat menghentikan pemakaian PrEP andai risiko penyampaian HIV menurun. Misalnya, kita berhenti gonta-ganti pasangan seks atau tidak lagi memakai jarum suntik bersama-sama. Namun, kita tetap butuh mengonsultasikan ke dokter andai berencana guna menghentikan pemakaian obat yang satu ini.

Tidak ada komentar