Breaking News

Berikut Tips Hubungan Seks untuk Pasien Endometriosis


Wanita dengan endometriosis mungkin merasakan rasa yang tidak nyaman saat bersangkutan seks dengan pasangannya. Tak jarang perempuan dengan endometriosis pun mengalami rasa sakit saat bersangkutan seks. Akan tetapi, tidak seluruh wanita mengalaminya. Beberapa merasakan rasa sakit melulu selama penetrasi yang dalam, sedangkan yang lain merasakan rasa sakit setelah bersangkutan seks. Namun, bukan berarti pasien endometriosis tidak dapat menikmati sesi bercinta dengan pasangannya. Ada sejumlah tips bercinta guna pasien endometriosis supaya tetap memuaskan.

Tips bercinta guna pasien endometriosis

Endometriosis bukan menjadi penghalang untuk bersangkutan seks dengan pasangan Anda. Namun, andai hubungan seks terasa paling menyakitkan, bicaralah dengan dokter Anda guna mengatasinya.

Sebelum itu, cobalah sejumlah tips bercinta ini guna Anda yang mempunyai endometriosis.

1. Terbuka dengan pasangan Anda

Komunikasi baik dengan pasangan ialah kunci seks yang sehat dan menyenangkan. Memberi tahu pasangan Anda saat seks menciptakan sakit atau menciptakan Anda senang. Hal ini dapat menambah keintiman kita dan pasangan.

Penting guna berbagi perasaan, kebutuhan, ketakutan, dan putus asa seputar seks. Pasangan kita mungkin merasakan perasaan yang sama, dan cemas akan menciptakan Anda sakit atau tidak nyaman sekitar bercinta.

Mungkin lebih gampang untuk mengawali percakapan ini di lokasi yang netral di luar kamar tidur. Gunakan kalimat yang mengundang dialog daripada mengkritik. Misalnya “Aku paling suka saat anda …”.

Anda dan pasangan mesti mendiskusikan posisi yang digemari dan yang tidak, serta jenis rangsangan fisik kesayangan Anda.

Secara keseluruhan, berurusan dengan seks yang menyakitkan barangkali menjadi tugas yang susah dan emosional. Tujuannya ialah untuk mengembangkan komunikasi yang tulus dan terbuka, guna meyakinkan bahwa seks tersebut menyenangkan dan bebas dari rasa sakit untuk masing-masing pasangan.

2. Coba posisi seks yang berbeda

Carilah posisi seks yang menciptakan Anda dan pasangan nyaman. Beberapa posisi seks dapat meminimalisir tekanan pada lokasi pelvis yang berisi jaringan endometrium.

Salah satu posisi seks yang dirasakan nyaman untuk para pasien endometriosis ialah women on top, Anda bisa mengendalikan seberapa dalam dan cepat penetrasi. Di samping itu, posisi beda yang pun direkomendasikan yakni face to face, spooning, mengusung pinggul (raised hips), atau doggy style yang dimodifikasi.

Anda juga dapat melakukan jenis kegiatan seksual lain laksana stimulasi oral, foreplay, atau dengan memakai sex toys.

3. Gunakan pelumas

Beberapa perempuan dengan endometriosis menikmati sakit saat bersangkutan seks sebab kekeringan vagina atau kelemahan pelumas alami. Bagi mengatasinya, Anda dapat menggunakan pelumas berbasis air saat bersangkutan seks.

Anda dapat menggunakannya sebanyak barangkali sampai lumayan basah, dan Anda dapat menambahkannya lagi andai Anda merasa vagina Anda pulang kering.

4. Gunakan obat anti nyeri

Anda bisa meminum obat anti nyeri laksana aspirin atau ibuprofen 1 jam sebelum bersangkutan seksual atau Anda pun dapat meminumnya segera setelah bersangkutan seksual andai Anda rasa sakit Anda hadir dan menciptakan tidak nyaman.

5. Temukan ritme yang tepat

Penetrasi yang dalam dan cepat sering menciptakan wanita dengan endometriosis merasa tidak nyaman, dan mungkin menciptakan sakit. Menemukan ritme yang tepat dapat menolong Anda merasakan sedikit rasa tidak nyaman saat bersangkutan seks.

Bicarakan dengan pasangan Anda guna pelan-pelan dan tidak mendorongnya secara mendalam sekitar hubungan seksual. Anda pun dapat berpindah posisi sampai-sampai Anda bisa mengontrol kecepatan dan memberi batas penetrasi ke kedalaman yang terasa baik guna Anda.

6. Rencanakan potensi pendarahan

Perdarahan setelah bersangkutan seks, yang dikenal sebagai perdarahan postcoital, ialah gejala endometriosis yang umum. Perdarahan postcoital bisa terjadi sebab penetrasi mengakibatkan jaringan uterus menjadi iritasi dan lunak.

Kondisi ini dapat membuat frustrasi, namun ada cara-cara yang bisa Anda siapkan guna potensi perdarahan.

  • Letakkan handuk sebelum mengawali seks
  • Siapkan tisu di lokasi yang gampang Anda jangkau
  • Fokus pada posisi yang mengakibatkan lebih tidak banyak iritasi
  • Anda pun harus mempersiapkan pasangan kita sebelumnya sampai-sampai mereka tidak terjebak dan bertanya-tanya apa yang terjadi saat bersangkutan seks

Tidak ada komentar