Breaking News

4 Cara Meningkatkan Kreativitas Anak yang Wajib Anda Ketahui!

4-Cara-Meningkatkan-Kreativitas-Anak-yang-Wajib-Anda-Ketahui

Kreativitas merupakan salah satu potensi anak yang harus dikembangkan sedari kecil. Mengapa? Karena kreativitas merupakan salah satu pondasi agar anak mampu menyelesaikan masalah dimulai dari yang sederhana hingga yang lebih kompleks. Selain itu, anak diharapkan mampu berpikir out of the box dan dapat menjelajah sesuatu yang baru. Salah satu cara meningkatkan kreativitas anak yaitu dengan bermain squishy

Cara Meningkatkan Kreativitas Anak

Kreativitas anak dapat terangsang dengan bermain dan membuatnya merasa senang. Interaksi si kecil dengan benda-benda yang dianggapnya menarik ketika bermain, mampu mempengaruhi proses stimulasi perkembangan anak. Dimulai dari perkembangan fisik, kognitif, hingga psikososial. 

Jika perkembangan yang disebutkan di atas berkembang baik, maka si kecil akan lebih baik dalam dalam merespon setiap hal atau peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Selain itu, semua aspek-aspek tersebut dapat menjadi modal kesuksesan anak di masa depan, apapun bidang yang dipilihnya kelak, mungkin dokter, arsitek, peneliti, artis, sutradara, jurnalis, dan masih banyak lagi. 

Adapun cara-cara yang dapat Anda terapkan dalam meningkatkan kreativitas anak selain bermain squishy, akan diuraikan di bawah ini. 

1. Bermain 

Bermain merupakan salah satu media yang paling mudah untuk mengembangkan kreativitas anak. Untuk itu, sediakan berbagai macam mainan untuk menunjang proses tersebut. Selain itu, beri anak Anda kesempatan bermain di luar rumah bersama teman-temannya untuk mengenal alam dan lingkungan disekitarnya. Melalui cara ini, anak Anda akan kaya dengan pengalaman dan terbiasa berinteraksi serta berkomunikasi dengan lingkungan yang akan membuatnya belajar banyak hal. 

2. Biarkan Anak Berimajinasi 

Salah satu cara yang dapat mengasah imajinasi anak ialah dengan membacakan cerita dari buku. Usahakan buku yang Anda pilih merupakan buku yang anak Anda sukai. Selama membaca cerita, libatkan anak Anda dengan memintanya mengira-ngira terkait suara dan karakter seorang tokoh. Selain itu, melalui bercerita secara tidak langsung anak Anda telah menambah perbendaharaan kata dan bahasa. 

Selanjutnya ajak anak Anda bermain peran atau role play. Misalnya memintanya menjadi princess saat bermain squishy atau menjadi dokter dengan menggunakan perlengkapan permainan sepert baju dokter dan stetoskop. Dengan demikian, imajinasi anak akan berusaha memerankan hal-hal yang berkaitan dengan seorang putri atau dokter. 

3. Pertanyaan Kreatif 

Cobalah memberikan pertanyaan kreatif pada anak, agar si kecil dapat berekspresi baik secara verbal maupun non-verbal. Contoh pertanyaan kreatif yang dimaksud, “Coba nak, beritahu Mama bagaimana cara memainkan mainan ini?” atau “Apa yang akan terjadi jika pintu tidak ditutup?”. Sebagai orang tua perhatikan jawaban si kecil, tidak mesti jawabannya benar, yang penting si kecil berusaha untuk berpikir. 

4. Bebaskan Anak Bereksplorasi 

Ketika anak Anda berusia 3 tahun maka rasa keingintahuannya semakin tinggi. Untuk itu, biarkan si kecil melakukan eksplorasi terhadap benda-benda dan peristiwa yang terjadi dilingkungan sekitarnya. Namun, sebagai orang tua harus memberi tahu mana hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. 

Selain itu, Anda harus menyiapkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan si kecil. Maka dari itu, bekali diri Anda dengan banyak membaca buku, website, atau diskusi bersama teman yang memiliki anak pada usia yang sama. 

Nah, itulah beberapa cara untuk meningkatkan kreativitas anak yang wajib Anda ketahui demi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Lakukan hal-hal di atas dengan menambah media lain seperti bermain squishy. Karena squishy dapat mengajarkan anak Anda mengontrol rasa bosan dan menghilangkan stress.

Tidak ada komentar